SOFTWARE PENUNJANG ARSITEKTUR

CADD merupakan singkatan dari Computer-Aided Design Drawing atau Computer-Aided Drafting Drawing. CADD memudahkan permodelan dan aktvitas drafting dengan menggunakan komputer sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dalam waktu yang singkat.  Perangkat CADD seperti AutoCADD membolehkan untuk membuat permodelan sebuah gambar disimpan dalam bentuk dokumen.

Jenis-Jenis Perisian CADD

Terdapat berbagai jenis perisian CADD boleh didapati dipusat-pusat penjualan komputer.  Diantara contoh perisian yang boleh diantaranya yaitu :

  1. AutoCAD
  2. MasterCAM
  3. Autosketch

 

  1. AUTOCAD

Pengertian dan sejarah AutoCAD

AutoCAD juga merupakan salah satu program desain gambar dengan bantuan komputer yang cukup canggih. Kompatibilitasnya yang tinggi memungkinkan gambar – gambar AutoCAD dapat diterima oleh sebagian besar program menggambar lain dan dapat dicetak dengan menggunakan hampir semua alat pencetakan. AutoCAD memiliki fasilitas yang cukup komplit untuk membuat gambar – gambar dua dimensi dan tiga dimensi.

Autocad Pertama kali dirilis pada Desember 1982 oleh Autodesk. pada tahun setelah yang membeli dari bentuk pertama dari perangkat lunak Autodesk oleh pendiri, John Walker. AutoCAD adalah produk andalan Autodesk dan dengan Maret 1986 telah menjadi program desain yang paling mana-mana mikrokomputer di dunia, memanfaatkan fungsi-fungsi seperti “polyline” dan “curve fitting”. Sebelum pengenalan AutoCAD, sebagian lainnya CAD program berlari pada komputer mainframe atau minicomputer, dengan unit masing-masing pengguna terhubung ke terminal komputer grafis.

AutoCAD berasal dari sebuah program yang disebut Berinteraksi, yang ditulis dalam bahasa berpemilik (SPL) oleh Riddle Michael penemu. Versi awal berlari pada komputer Sistem Marinchip 9900 (Marinchip Sistem dimiliki oleh Autodesk pendiri John Walker dan Dan Drake). Walker dibayar Riddle US $ 10 juta untuk teknologi CAD.

Ketika Marinchip Software Mitra (kemudian dikenal sebagai Autodesk) terbentuk, pendiri memutuskan untuk kembali kode Berinteraksi di C dan PL / 1. Mereka memilih C karena tampaknya menjadi bahasa mendatang terbesar. [Kutipan diperlukan] Pada akhirnya, versi PL / 1 tidak berhasil. Versi C, pada saat itu, salah satu program yang paling kompleks dalam bahasa tersebut. Autodesk harus bekerja dengan pengembang compiler, Lattice, untuk memperbarui C, memungkinkan untuk menjalankan AutoCAD [3] rilis awal dari AutoCAD digunakan entitas primitif -. Garis, polyline, lingkaran, busur, dan teks – untuk membangun objek yang lebih kompleks. Sejak pertengahan 1990-an, AutoCAD didukung objek kustom melalui program C + + Application Programming Interface (API).

 

Kelebihan AutoCAD

  1. Produktiviti untuk operasi yang berulang-kali. Penggunaan yang produktif untuk membuat lukisan memerlukan perincian yang efisyen seperti membolehkan salinan pendua boleh dilakukan sekiranya diperlukan untuk pengunaan yang berulang-kali.
  2. Ketepatan (Accuracy). Di dalam perisian CADD beberapa fail yang mengandungi data-data seperti nombor dan disertakan dengan perpuluhan (precision) yang tepat dalam lingkungan 1.000000 serta tepat 100%
  3. Perkongsian fail CADD dengan program perisian yang lain. Perisian CADD telah direka untuk membolehkan perkongsian data-data supaya data-data tersebut boleh dikongsikan dalam satu paparan skrin serta boleh diubah atau disatukan seperti dari 2-dimensi kepada 3-dimensi dalam satu fail CADD.

Kekurangan AutoCAD :

1.Aplikasi ini menjadi lebih kompleks

  1. Kebutuhan hardware yang lebih tinggi

 

  1. MasterCAM

CAD/CAM merupakan singkatan dari Computer-Aided Design and Computer-Aided Manufacturing. Computer-aided design (CAD) adalah penggunaan sistem komputer untuk membantu dalam pembuatan, modifikasi, analisis, atau optimasi dari suatu desain. Computer-aided manufaktur (CAM) adalah penggunaan sistem komputer untuk merencanakan, mengelola, dan mengendalikan pengoperasian dari mesin industri manufaktur melalui tampilan antarmuka komputer secara langsung atau tidak langsung dengan sumber daya mesin industri tersebut.

Aplikasi CAD/CAM digunakan untuk mendesain suatu bagian mesin dan membuat program CNC untuk proses pemesinannnya (MasterCam,2008:1). Terdapat banyak softwareCADCAM yang beredardi pasaran,antara lain: Emcodraft CADCAM, MasterCam,  BobCam, DelCam, dan SolidCam. Software Mastercam adalah software yang dikembangkan oleh CNC Software, Inc dari Amerika Serikat.

Mastercam adalah jenis software yang digunakan oleh para profesional di industri manufaktur. Mastercam adalah software program komputer bantuan manufaktur (CAM) yang digunakan pada bidang manufaktur atau teknologi mesin profesional, seperti teknisi dan programmer CNC. Mastercam memungkinkan perencanaan perkakas dan pembuatan kode NC pada suatu part/benda kerja. Part ini dapat digambar dengan menggunakan Mastercam atau diimpor dari paket software CAD lain.

 

3. Auto Sketchup

Auto sketchup merupakan aplikasi berbasis desain gambar yang mudah dan cukup powerfull, dibalik tool yang sederhana ternyata software ini bisa dibandingkan dengan software sejenisnya untuk gambar tiga dimensi seperti desain rumah atau yang lainnya. Tidak haya itu, google sketchup mempunyai banyak kelebihan dalam hal teknik gambar, begitu cepat, mudah, dan efisien, apalagi kalau digabungkan dengan plugugi vray, sejenis software rendering yang paling populer sekarang, hasilnya bisa lebih bagus.

Auto sketchup merupakan software untuk membuat, memodifikasi, dan mempertukarkan model 3D. Program ini sangat mudah dipelajari, lebih mudah dari program 3D modeling lain yang selama ini banyak dikenal dan digunakan dikomputer desktop. Google sketchup mulai banyak digunakan orang karena kecepatan dan kemudahan pemakaiannya. Auto sketchup di lengkapi tool-tool yang disederhanakan, disertai system penggambaran terpadu, dan tampilan yang tidak rumit.

 

 

Sejarah Auto SketchUp

Auto SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer, dan profesi terkait. Ini juga mencakup fitur-fitur untuk memfasilitasi model penempatan di Google Earth. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi lebih mudah digunakan dibandingkan program CAD 3D.

Sebuah fitur SketchUp adalah 3D Warehouse yang memungkinkan pengguna SketchUp mencari model yang dibuat oleh orang lain dan berkontribusi model.SketchUp ini dikembangkan oleh perusahaan startup @ Last Software, Boulder, Colorado yang dibentuk pada tahun 1999. Sketch Up pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai tujuan umum alat pembuatan konten 3D. Aplikasi ini memenangkan penghargaan Community Choice Award di sebuah pameran pada tahun 2000. Kunci keberhasilan awal adalah masa belajar yang lebih pendek dari pada alat 3D lainnya.

Pada tanggal 14 Maret 2006, Google mengakuisisi @ Last Software, karena Google tertarik buat plugin untuk Google Earth.

Pada 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, yang menampilkan alat-alat baru serta versi beta Google SketchUp Layout. Vektor 2D Layout termasuk peralatan, serta alat-alat tata letak halaman dimaksudkan untuk memudahkan bagi paraprofesional untuk membuat presentasi tanpa berkerjasama dengan pihak ketiga program presentasi.

Pada tanggal 9 Februari 2007, sebuah pembaruan dirilis. Ini mengoreksi beberapa bug, tetapi tidak membawa fitur baru.

Pada 17 November 2008, SketchUp 7 sudahdiluncurkan, dengan kemudahan penggunaan, integrasi SketchUp’s Komponen Browser dengan Google 3D Warehouse, Layout 2 komponen dinamis yang merespon tepat untuk scaling dan peningkatan kinerja API Ruby.

Pada tanggal 27 April 2006, Google mengumumkan Google SketchUp, yang bebas-download versiSketchUp. Versi gratis ini beda dengan versiSketchUp Pro, tetapi terpadu mencakup alat untuk meng-upload kontenke Google Earth dan Google 3D Warehouse, repositori model dibuat dalam SketchUp.

 

 

 

 

Kelebihan Auto Sketchup

  1. Mudah dipelajari
  2. Ringan

3, Tidak banyak space

  1. Tampilan desain terlihat bagus tanpa menunggu proses render.

Kekurangan Auto Sketchup

  1. Masalah pada aplikasi google sketchup adalah saat mencoba membuat permukaan kubah dikarenakan oleh bawaan alat extrude yang rumit.
  2. Walaupun menekan atau menarik garis lurus di anggap mudah. Karena sifatnya garis, program ini juga kekurangan beberapa fitur canggih yang dimiliki oleh pesaing-pesaing beratnya.

 

  1. 3DS MAX

 

3d Studio max atau sering disebut dengan 3dmax, merupakan produk lain dari Autodesk yang banyak digunakan di seluruh dunia. Produk ini sering digunakan sebagai software animasi baik animasi aristektur maupun grafis seperti animasi film. Software ini sangat umum di Indonesia dan penggunanya pun relatif banyak mulai dari seorang Arsitek profesional hingga desainer grafis.
Keunggulan dan Fitur 3Ds Max
Kelebihan dan Fitur 1
Feature untuk membuat model organic dan unorganic. Model organic dapat berupa karakter model makhluk hidup nyata seperti manusia, hewan. Dan model makhluk hidup yang tidak nyata seperti monster, peri, dan lain-lain. Model unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti mesin, bangunan, mobil, sepeda motor, furnitur.
Pada 3ds max fitur yang digunakan untuk membuat model organic umumnya menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal modeling adalah teknik membuat model dengan memakai objek-objek geometry dasar yang kemudian dikembangkan menjadi objek model yang lebih kompleks. Umumnya memakai bentuk objek geometry box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi permukaannya (smooth). Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan memakai garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang diinginkan kemudian diberi surface (bentuk permukaan).
Model unorganic umumnya dibuat dengan menggunakan teknik Compound modeling dan Spline modeling (dapat juga dengan menggunakan teknik Polygonal Modeling). Teknik Compound modeling adalah teknik membuat model dengan mengkombinasikan (menggabungkan, memotong atau mengambil perpotongan) antar bentuk objek-objek geometri. Sedangkan teknik Spline modeling adalah teknik membuat model dengan membuat bentuk objek 2d-nya terlebih dahulu yang kemudian “ditransfer” menjadi bentuk 3d dengan memberikan ketebalan pada objek 2d tersebut.

 

SUMBER :

Google SketchUp | Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

https://diahayukendran1404205058.wordpress.com/2015/09/08/cadd/

https://oceandewata1404205031.wordpress.com/2015/09/09/penting-kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi-cadd/

Leave a comment